kesehatan tulang ortopedi

tips menjaga kesehatan tulang

wong chung chek

Pernahkah kita Menderita Cedera Ligamen Lutut? Apa yang butuh Anda ketahui

Cedera lutut tidak jarang terjadi dan tidak jarang kali berhubungan dengan cedera olahraga. Terkilir dan strain tidak jarang terlihat tetapisaat datang ke cedera yang lebih serius di samping cedera tulang rawan, cedera ligamen lutut ialah cedera yang sangat umum terlihat.
Ligamen memberikan sokongan dan menstabilkan lutut. Ligamen medial (MCL), lateral (LCL), anterior (ACL), dan posterior (PCL) semua menyokong lutut dan menghentikan tulang supaya dapat bergerak dari segi ke sisi. Otot, tendon, dan ligamen semua menyokong sendi lutut dan menolong membuat gerakan halus dan bebas rasa sakit.
Jika cedera lutut kita rusak melulu sebagian mungkin membutuhkan imobilisasi guna menyembuhkan dan lantas terapi jasmani untuk meyakinkan rentang gerak pulang ditetapkan. Ini bisa menghilangkankeperluan untuk operasi. Yang mengatakan, operasi ialah satu-satunya pilihan andai ligamen sudah robek sepenuhnya. Penyambungan mungkindibutuhkan untuk meyakinkan pemulihan lengkap.
Cedera ligamen lutut lateral ialah jenis cedera lutut yang sangat umum. Ligamen lateral menghubungkan tulang paha dan kepala fibula (tulang luar). Ini ialah tali yang powerful dan sempit yang tercipta dari serat kolagen dan seringkali terkilir dalam olahraga.
Anterior (ACL) air mata ligamen menciptakan satu dari empat cedera ligamen lutut. Ligamen anterior sangat urgen untuk stabilitas lutut. Jenis cedera ini sering menyebabkan pasien mengeluh mengenai pemberian lutut. Air mata ligamen anterior terjadi pada cedera berhubungan pekerjaan, tumbukan kendaraan, dan olahraga kasar. ACL merobek hasil dari pendaratan atau memutar lompatan. dokter ortopedi
Air mata ACL mengakibatkan rasa sakit dan penjualan, dan dokter bakal menggunakan sekian banyak teknik guna menilai apakah itu ialah cedera ligamen lutut anterior. Pembedahan tidak selalu dibutuhkan tetapi melulu dokter kita yang bisa menilai protokol pengobatan.
Cedera ligamen posterior lutut menciptakan satu dari empat cedera ligamen lutut. PCL duduk tepat di belakang ACL. Sebuah cedera lutut ligamen posterior nyaris selalu terjadi saat lutut ditekuk dan suatu benda memukul tulang kering secara paksa memaksanya mundur. Gejala cedera ligamen posterior serupa dengan cedera ligamen lutut lainnya - nyeri, gerakan menurun, dan pembengkakan. Protokol perawatan bakal ditentukan oleh keseriusan cedera.
Ligamen medial terjadi pada satu dari empat cedera ligamen lutut. MCLmenghampar dari ujung tulang paha ke unsur atas tulang kering dan terletak di unsur dalam sendi lutut. Luka ligamen medial terjadi saat bagian luar sendi lutut dipukul mengakibatkan lutut guna gesper. Cedera MCL bisa diisolasi tetapi tidak jarang kali ini adalahbagian yang rumit dari cedera yang melibatkan ligamen lutut lainnya.
Jika kita menderita cedera ligamen lutut, kita perlu mendatangi dokter sesegera barangkali untuk menilai tingkat cedera dan perawatan terbaik.


  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    wong chung chek
      Komentar(0)